28 Desember 2009

Warga Hindu Miskin Ikuti Ngaben Massal

. 28 Desember 2009

Sebanyak 2.311 warga Kelurahan Dauh Puri, Denpasar, Sabtu (26/12) menyelenggarakan kegiatan ngaben massal di Kuburan Badung Denpasar. Kegiatan kolektif untuk 35 sawa itu, dimaksudkan untuk meringankan biaya dan membantu keluarga yang diaben. "Ngaben bersama bisa menekan biaya, karena biaya yang seharusnya ditanggung sendirian, dipikul bersama-sama," kata IB Ketut Atmaja, salah seorang inisiator acara itu.

Ngaben dalam keyakinan umat Hindu dilakukan untuk mengupacarai mereka yang sudah meninggal. Biasanya, untuk satu kali upacara pengabenan yang dilaksanakan individual, biayanya mencapai Rp 40 juta. Biaya itu menjadi lebih ringan bila ngaben dilaksanakan secara massal. Menurut Atmaja yang juga lurah Dauh Puri, lantaran tidak memiliki biaya, banyak umat Hindu yang tidak bisa membiayai pelaksanaan ngaben keluarganya.

Pelaksanaan ngaben massal tadi, dihadiri Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra. Menurut Atmaja, untuk membantu kegiatan itu, pihaknya mendapat dukungan dana dari operator seluler PT Telkomsel.

Menurut General Network Operations PT Telkomsel Bali Nusra, Rahmat Novalianto, dukungan Telkomsel terhadap kegiatan ngaben massal telah beberapa kali dilaksanakan, di antaranya di Kabupaten Buleleng dan Bangli. Selain untuk kegiatan ngaben, kata Rahmat, pihaknya juga membantu sejumlah kegiatan keagamaan dan budaya bagi umat Muslim dan Kristiani. aas/irf
www.republika.co.id

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda.
Redaksi

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com