26 Maret 2009

Ratusan Umat Hindu Nyepi di Pura Adhitya Jaya

. 26 Maret 2009

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar 400 umat Hindu di Jakarta memilih melakukan Nyepi, salah satu hari raya Hindu, di Pura Adhitya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (26/3).

Pasalnya, suasana di pura lebih kondusif untuk melakukan Nyepi dibandingkan di rumah mereka. "Di pura mereka lebih mendapatkan feel-nya. Mereka juga dapat melakukan perenungan dan evaluasi diri selama setahun belakangan dengan lebih tenang," ujar Brahmacarya Bhargawa Chaitanya kepada Kompas.com di Pura Adhitya Jaya.

Hal ini diakui Ayu (35), warga Jakarta Timur. "Nyepi di pura lebih tenang. Kalau di rumah suasana kurang kondusif," ujar Ayu yang sehari-hari bekerja sebagai pengasuh bayi ini.

Ayu beserta ratusan umat Hindu lainnya berada di sekitar pendopo dan halaman pura yang sangat rindang dan asri tersebut. Sebagian umat memilih tidur, membaca buku, serta bersemedi.

Menurut Brahma, Nyepi bersama dimulai sejak awal tahun 2001, yakni di pura Taman Mini Indonesia Indah. Waktu itu jumlahnya masih berkisar 100 orang.

Seiring berjalannya waktu, jumlah umat terus bertambah. Sementara itu, lanjut Brahma, malam ini mereka akan dibimbing untuk melakukan semedi bersama. Hari ini, umat Hindu melakukan empat pelatihan diri, yaitu tidak bekerja, tidak menyalakan api, tidak bepergian, dan tidak melakukan aktivitas yang menyenangkan.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda.
Redaksi

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com