19 Februari 2009

Gubernur Bali Didesak Dukung World Silent Day

. 19 Februari 2009

Gubernur Bali Made Mangku Pastika didesak mendukung gerakan "World Silent Day." Gerakan yang mengambil inspirasi dari hari raya Nyepi dalam agama Hindu itu adalah langkah untuk menyelamatkan bumi dari bencana perubahan iklim.

Menurut juru bicara Kolaborasi Bali untuk Perubahan Iklim (KBPI) Hira Jhamtani yang mengusung gerakan ini, kepemimpinan Gubernur sangat diperlukan untuk menggerakkan dukungan masyarakat Bali. "Tidak perlu langkah yang luar biasa, cukup dengan mempraktekkan hal yang sederhana,"katanya.

Dia meminta, Gubernur membuat surat edaran agar semua instansi mendukung gerakan ini. Pada saat gerakan direalisasikan pada WSD 21 Maret nanti, Pastika diharapkan melakukan kampanye penghematan energi misalnya dengan menggunakan sepeda untuk berangkat ke kantor, mematikan AC, dll. Keluarga Pastika juga diminta untuk mempelopori sejumlah aksi seperti pemberian tanaman kepada bayi yang lahir pada tanggal 21 Maret.

Gerakan World Silent Day mulai dikampanyekan sejak berlangsungnya konferensi perubahan iklim di Bali pada Desember 2007. Gerakan kongkritnya adalah kampanye untuk tidak menggunakan alat-alat yang dapat menimbulkan emisi gas dan mengurangi penggunaan energi. Misalnya, handphone, televise, radio, sepedamotor, mobil, dll. Aksi itu dilakukan selama 4 jam antara pukul 10.00 Wita sampai 12.00 Wita pada tanggal 21 Maret 2007.

KBPI juga menggalang dukungan agar nantinya World Silent Day diakui oleh United Nation for Climate Change (UNFCC) sebagai langkah resmi untuk mencegah perubahan iklim. Untuk itu mereka membutuhkan 10 juta tanda-tangan dukungan. Sampai saat ini, KBPI baru berhasil mengumpulkan sekitar 6.000 tanda-tangan. "Mestinya dari Bali minimal 3 juta tanda-tangan," kata Made Suardhana, eksponen KBPI lainnya.

Ketua Badan Lingkungan Hidup Bali Putu Gde Wardhana menyebut, pihaknya sudah pasti memberikan dukungan itu. "Ini perjuangan bersama untuk menjadikan kearifan Bali sebagai milik masyarakat dunia," katanya. Dia meminta, semua instansi untuk menyampaikan usulan kongkrit, langkah-langkah nyata yang bisa dilakukan untuk mendukung World Silent Day.

ROFIQI HASAN TEMPO Interaktif

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda.
Redaksi

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com