21 Februari 2009

Umat Hindu di Bali Rayakan 'Tumpek Wariga'

. 21 Februari 2009

Umat Hindu Dharma di Bali, Sabtu (21/2), merayakan hari Tumpek Wariga atau juga dikenal dengan Tumpek Uduh, persembahan suci yang khusus ditujukan untuk semua jenis tumbuh-tumbuhan.

Kegiatan ritual menggunakan kelengkapan sarana banten, rangkaian janur kombinasi bunga dan buah-buahan, dengan kekhususan bubuh sumsum, yakni bubur dari tepung ketan yang diberi warna hijau alami dari daun kayu sugih, ditaburi dengan parutan kelapa dan diberi gula merah.

Ketua Program Studi Pemandu wisata Institut Hindu Dharma Indonesia (IHDN) Denpasar Drs I Ketut Sumadi M Par mengatakan, kegiatan ritual Tumpek Wariga dilakukan umat Hindu terhadap tanaman di sawah, ladang maupun pekarangan.

Sejumlah sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di kota Denpasar dalam merayakan Tumpek Wariga ditandai dengan mengadakan persembahyangan bersama.

Tumpek Uduh menurut Gurubesar Univesitas Udayana Prof Dr Ir Dewa Ngurah Suprapta bukan merupakan hari untuk menyembah tumbuh-tumbuhan, Namun, hari untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar melalui tumbuh-tumbuhan umat manusia bisa diberikan kemakmuran dan keselamatan terhindar dari berbagai bencana.

Kegiatan ritual yang digelar umat Hindu pada pepohonan di pekarangan, sawah dan ladang masing-masing merupakan satu bentuk menghargai aneka jenis tumbuh-tumbuhan, yang selama ini mampu memberikan manfaat terhadap kehidupan umat manusia maupun aneka jenis satwa lainnya.

Tumpek Uduh dirayakan setiap hari Sabtu uku Wariga yang jatuh setiap 210 hari sekali.

Menurut Dewa Suprapta tumbuh-tumbuhan dengan sistem perakaran yang ada, memegang partikel tanah dan menutupi permukaan tanah, sehingga saat musim hujan permukaan tanah terhindar erosi.

"Bisa dibayangkan bagaimana parahnya erosi dan longsor, jika seluruh permukaan tanah tidak ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan. Dalam satu musim hujan saja, bagian tanah atas yang subur akan tergerus oleh aliran air," ujar Dewa Suprapta. (Ant/OL-01)

mediaindonesia.com

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda.
Redaksi

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com