10 Mei 2010

Gubernur Harapkan Kontribusi Umat Hindu Kaharingan

. 10 Mei 2010

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustin Teras Narang mengharapkan peranan umat Hindu Kaharingan dapat dijadikan bagian yang memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasional dan Kalteng.

"Umat Hindu Kalteng adalah bagian penting dari komponen umat beragama di Indonesia yang mempunyai kedudukan sama dan sejajar dengan umat beragama lainnya di negara yang kita cintai ini," kata Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang di Palangkaraya, Senin.

Hal tersebut dikatakan Teras pada acara pembukaan Festival Tandak Intan Kaharingan yang diikuti oleh 13 kontingen kabupaten dan kota dari seluruh Kalteng.

Secara historis kata Teras, Kaharingan merupakan keyakinan asli Suku Dayak sebelum masuknya agama lain di Kalimantan.

Dilaksanakannya kegiatan tersebut merupakan kegiatan keagamaan yang harus dijunjung tinggi sebagai perwujudan akan pemahaman dari keyakinan pemeluk agama terhadap agama yang dianut.

Khususnya di Kalteng keragaman kehidupan umat beragama sangat besar artinya dalam memupuk dan menumbuh kembangkan kesadaran jati diri bangsa yang tumbuh dan berkembang di dalam keragaman yang disatukan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Menurut Teras, arah dan tujuan festival yang dilaksanakan tersebut telah sejalan dengan pemikiran pemerintah yang dituangkan dalam bentuk arah dan tujuan pembangunan nasional dan Kalteng pada khususnya.

Pemerintah kata Teras telah berupaya untuk menciptakan situasi yang kondusif dengan melaksanakan berbagai program strategis pembangunan.

"Salah satunya yakni terwujudnya penerapan nilai-nlai agama dalam perilaku kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dengan meningkatkan kesadaran kolektif umat beragama, dengan kerukuknan hidup, solidaritas dan rasa kebersamaan antar umat beragama," katanya.

Kemudian katanya meningkatkan peran dan fungsi lembaga keagamaan dalam mengatasi dampak negatif perubahan sosial.

"Namun upaya tersebut tidak dapat terlaksana tanpa partisipasi aktif dari semua komponen masyarakat," katanya dihadapan ratusan peserta fesrival.

Sementara itu, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tandak (LPT) dan Upacara Keagamaan Umat Hindu Kaharingan (UKUK) Palangkaraya Rangkap I Nau mengatakan pembangunan suatu bangsa tidak saja pembangunan berupa fisik belaka.

"Namun pembangunan yang seimbang, serasi, selaras, lahir dan batin, jasmani dan rohani, termasuk didalamnya pembangunan agama, iman taqwa, kecerdasan spiritual untuk terbentuknya manusia yang berkarakter, berakhlak mulai, berbudi pekerti luhur sehingga memiliki harkat dan martabat," katanya.

Lembaga agama baik majelis agama Hindu Kaharingan bersama semua jenjang terus melakukan pembinaan, pelayanan yang baik kepada umat.

Sehingga umat semakin mengerti dan memahami, menghayati nilai agamanya dan dijadikan modal hidup didunia maupun diakhirat nanti, katanya menegaskan.

ANTARA

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda.
Redaksi

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com