19 Mei 2010

Umat Hindu Bali Wisata Spritual ke Prasasti Tujuh Yupa, Kukar

. 19 Mei 2010

TENGGARONG, tribunkaltim.co.id - Sekitar 70 umat Hindu dari Bali berkunjung ke Kutai Kartanegara (Kukar) dalam rangka perjalanan wisata spiritual ke situs bersejarah di Kecamatan Muara Kaman yang dikenal dengan prasasti tujuh Yupa, Rabu (19/5/2010).

Ida Padanda Made Gunung yang ditemui di sela ceramah di Pura Hindu Tenggarong menjelaskan, mereka yang datang merupakan murid yang berguru di salah satu sekolah informal khusus dengan mata pelajaran Hindu dan Spiritual di Bali. "Sampai saat ini yang aktif kurang  lebih 1.207 orang," ujarnya, Selasa (18/5/2010) malam.

Ida Padanda Made Gunung menjelaskan, perjalanan spiritual dalam Agama Hindu sama pentingnya dengan belajar teologi dan filsafat Agama "Karena sejarah amat penting bagi kami. Tanpa mengetahui sejarah, kita tidak punya pedoman hidup kita," katanya.

Menurut buku yang mereka baca, Kutai sangat bersejarah karena di sinilah ditemukan peninggalan sejarah Kuno. Sekitar abad IV dan V, saat itu dinasti Mulawarman, ditemukan 7 buah prasasti yang terkenal dengan Prasasti Tujuh Yupa.

"Kami diajarkan tetua kami, semenjak ada 7 Yupa di Kutai, Nusantara keluar dari jaman pra sejarah ke jaman sejarah. Karena itu murid saya pengen tahu secara langsung, bagaimana dan dimana letaknya. Jadi kami akan ke Muara Kaman. Ini boleh dikatakan wisata spriritual," katanya. (*)

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda.
Redaksi

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com