23 Juni 2010

Petani di Wonosobo Temukan Arca Hindu Kuno

. 23 Juni 2010

Metrotvnews.com, Wonosobo: Sejumlah arca yang diperkirakan peninggalan zaman Hindu kuno ditemukan para petani di areal persawahan di Desa Wonolelo, Wonosobo, Jawa Tengah. Diperkirakan masih banyak lagi arca di sekitar lokasi penemuan masih terpendam tanah.

Sejumlah arca dan lingga ini pertama kali ditemukan seorang petani setempat bernama Kaswandi. Barang yang diduga merupakan situs peninggalan kerajaan hindu tersebut ditemukan di bawah pematang sawah saat sedang mencangkul. Dalam waktu sebulan, berawal dari penemuan lingga, petani kembali menemukan sejumlah arca lain serta bagian stupa. Sejumlah barang yang mirip bagian candi tersebut selanjutnya dikumpulkan dan dilaporkan ke perangkat desa.

Sementara itu Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Edi Riyanto mengatakan, dilihat dari beberapa temuan ada dugaan arca dan lingga tersebut mirip situs kerajaan Hindu. Untuk sementara pihaknya akan melaporkan temuan ke Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah.

Di kawasan tersebut diperkirakan masih banyak arca atau batu-batu candi, warga berharap dinas pariwisata dan dinas purbakala segera menyelamatkan batu-batu candi tersebut. Untuk menghindari pencurian dan penggalian secara ilegal, kawasan tersebut kini dalam pengawasan aparat pemerintahan setempat.(Kiswantoro/RIZ)

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda.
Redaksi

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com