25 Juni 2010

Rayakan Piodalan, Ribuan Umat Hindu Banjiri Pura Mandara Giri

. 25 Juni 2010

TEMPO Interaktif, Lumajang - Ribuan umat Hindu dari seluruh penjuru nusantara diperkirakan bakal membanjiri peringatan piodalan atau hari ulang tahun Pura Mandara Giri Semeru Agung.

Pura itu berada di Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Peringatan dilakukan sepanjang Sabtu (26/6) besok hingga Rabu (7/7) mendatang. Selama lebih dari seminggu, umat Hindu yang sebagian besar dari Bali akan silih berganti datang untuk melakukan persembahyangan.

Ketua Parisade Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Lumajang Edi Sumianta dihubungi siang ini (25/6) mengatakan, kalau piodalan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diselenggarakan di Pura Mandara Giri Semeru Agung.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, umat Hindu yang sebagian besar berasal dari luar Kabupaten Lumajang akan membanjiri pura yang berada dekat lereng Gunung Semeru ini. Piodalan ini berlangsung selama seminggu lebih mulai Sabtu (26/6) hingga Rabu (7/7) mendatang.

Piodalan ini juga untuk memperingati mulainya pemakaian bangunan Pura pertama kalinya dengan kalender yang dipakai perhitungan bulan atau sasih dalam agama Hindu seperti istilah kasa (Bulan) satu, Karo ( bulan ) dua dan seterusnya sampai pada kasanga ( bulan ) 9 kadasa ( bulan ) 10. Upacara Piodalan dimulai pada tahun 1992 yakni pada tahun pura ini didirikan.

Peringatan Piodalan ini juga akan dimeriahkan dengan pagelaran seni tari. "Ada pagelaran Tari Godril dan Tari Glipang. Selain itu, ada juga campursari," kata Kepala Kantor Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Lumajang, Hendro Iswahyudi.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda.
Redaksi

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com